5 Aplikasi Ini Membantu Manajemen Waktu Kamu

5 Aplikasi Ini Membantu Manajemen Waktu Kamu


Hidup penuh kesibukan aktivitas-aktivitas kita setiap harinya. Jika kita tidak memanfaatkan setiap jam dan menitnya dengan baik, maka akan mudah terjebak dalam kehidupan kita yang penuh desakan. Waktu akan berlalu dalam sekejap mata sebelum kita sadari. Kehidupan sekolah ataupun kuliah bisa sangat menyita waktu kita, belum lagi jika memiliki pekerjaan sampingan dan mengikuti program kerelawanan. Bisa jadi karena tugas yang menumpuk dan tidak terorganisir, banyak tugas lain yang tersingkirkan dan lupa untuk dilaksanakan yang mana dapat merugikan diri sendiri dan pihak lain.

Seperti yang dikatakan oleh Harvay Mackay, “waktu itu gratis, tapi tak ternilai harganya. Kamu tidak dapat memilikinya, tetapi Kamu dapat menggunakannya. Kamu tidak dapat menyimpannya, tetapi Kamu dapat menghabiskannya. Sekali Kamu kehilangannya, Kamu tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali.” 

Manajemen waktu diartikan sebagai bagaimana kita dapat mengatur waktu dengan efektif sehingga kita bisa mengalokasikan aktivitas dengan waktu yang sesuai. Manajemen waktu memegang peranan yang penting tidak hanya dalam kehidupan profesional, tetapi juga dalam kehidupan personal. Dengan mengontrol waktu, kita bisa memanfaatkan setiap detiknya dengan baik.

Setelah kita berhasil menguasai bagaimana mengatur dan manajemen waktu, maka level produktivitas dan efisiensi kita akan meningkat karena setiap tugas dan project dapat terselesaikan lebih cepat. Tak hanya itu, kita bisa mengurangi gangguan stres yang ditimbulkan oleh pekerjaan yang menumpuk. Oleh karena itu, menguasai kemampuan untuk memanajemen waktu adalah salah satu hal esensial dalam hidup.

Untung, teknologi kini berkembang pesat saat ini sehingga memudahkan kita dalam mengembangkan hidup. Termasuk manajemen waktu! Ini dia rekomendasi aplikasi manajemen waktu dari Indorelawan, yang bisa membantu kamu!

1. Todoist

Aplikasi yang diluncurkan lebih dari satu dekade ini dan berulang kali menempati urutan teratas aplikasi terbaik dalam kategori manajemen waktu. Todoist bisa didapatkan dari berbagai platfrom online seperti Google Play dan Apple Store. Todoist pun menawarkan template yang mana mempercepat penyusunan jadwal yang mana memudahkan pengguna baru yang baru mengenal aplikasi ini. Unduh di sini.

2. Any.do

Aplikasi Any.do sendiri memiliki fitur “Plan My Day” yang dapat digunakan untuk merencanakan dan menjadwal aktivitas setiap paginya. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan Google Calendar sehingga kamu bisa memantau janji temu ataupun daftar tugas yang telah kamu susun. Aplikasi ini sendiri juga memiliki fitur notifikasi pemberitahuan yang mana tugasnya untuk mengingatkan kita akan deadline dan janji yang akan datang. Unduh di sini.

3. Focus Keeper

Hal terbaik dari aplikasi ini adalah menggunakan Teknik Pomodoro yang mana adalah salah satu strategi terbaik dalam memanajemen waktu karena teknik ini menuntut kita untuk fokus pada suatu aktivitas dalam waktu yang telah ditentukan. Teknik ini sendiri sangat cocok bagi individu yang sulit untuk meninggalkan kebiasaan menunda-nunda tugas. Aplikasi Focus Keeper diciptakan untuk meningkatkan fokus dan meringankan tekanan waktu. Unduh di sini.

4. Remember the Milk

Jika kamu adalah tipe orang yang kesusahan dalam memanajemen dan mengatur setiap hal yang harus kamu lakukan dan sering berganti perangkat maka aplikasi ini adalah yang paling cocok untuk kamu. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik dalam manajemen waktu yang bisa disinkronkan dengan banyak perangkat sehingga kamu tidak perlu lagi kesusahan untuk mengingat jadwal tugas-tugas yang terpisah di berbagai perangkat. Aplikasi ini juga menyajikan fitur yang memperbolehkan kita untuk berbagi jadwal dengan orang lain sehingga membuat aplikasi ini cocok untuk kerja tim. Unduh di sini.

5. TimeTree 

Aplikasi ini memiliki tujuan untuk menjadikan setiap kalender yang kamu pakai dari kalendar dinding, pekerjaan, hingga sosial untuk dijadikan menjadi satu dalam aplikasi TimeTree. Tak hanya memiliki fitur kalender, aplikasi ini pun menawarkan fitur memo yang mana menggantikan fungsi konvesional kertas. TimeTree juga cocok untuk penggunaan keluarga dan kolega karena dapat berbagi dan menyusun jadwal bersama orang lain. Unduh di sini.

Menarik banget kan? Pilih salah satu yang cocok untuk kamu, lalu tingkatkan level produktivitasmu sekarang! Lalu, mulai ubah niat baik menjadi aksi baik dengan tambah aktivitas kerelawanan melalui Indorelawan.org

Penulis: Angelina Hadinata
Penyunting: Renita Yulistiana