Bikin konten media sosial kalian lebih teratur yuk!

Bikin konten media sosial kalian lebih teratur yuk!

Teman-teman komunitas, kalian tahu tidak bahwa merencanakan sebuah publikasi di media sosial itu tidak kalah penting loh. Dengan kita melakukan perencanaan tersebut, setiap konten yang dipublikasikan akan lebih teratur dan juga mudah untuk di monitoring serta evaluasi.

Nah, buat kalian yang bertanya-tanya gimana sih caranya merencanakan sebuah publikasi untuk media sosial, kalian bisa menggunakan yang namanya Editorial Plan. Ini merupakan alat yang digunakan untuk mengontrol dan menjadwalkan semua publikasi konten, pada saluran-saluran komunikasi dari komunitas kalian.

Kalau kalian tidak mau ribet, bisa download atau copy template Editorial plan di sini ya!

Nah buat mengisi editorial plan tersebut, kalian bisa mengikuti cara-caranya di bawah ini ya:

  1. Selalu perhatikan bulan, hari, dan tanggal!

Ini penting loh! Jangan sampai kalian memasukkan tanggal yang salah. Jadi perhatikan selalu kesesuaian antara bulan, hari, dan tanggalnya ya. 

  1. Pastikan saluran komunikasi kalian sudah sesuai

Jika kalian sudah membuka file tersebut, di bagian paling kiri adalah pilihan saluran komunikasi komunitas yang kalian gunakan dan bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.

  1. Diskusikan dengan tim untuk mengisi editorial plan

Ini merupakan tahapan paling penting! Setiap kali kalian merencanakan editorial plan, bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan tim yang bersangkutan ya agar rencananya lebih maksimal.

Image from Econsultancy

Selain cara mengisi, kita juga ingin memberikan tips bagi kalian jika ingin mengisi editorial plan:

  1. Cari tahu tanggal hari-hari besar yang sesuai dengan komunitas kalian

Nah kenapa tahap ini penting, karena hari-hari besar tanggalnya sudah pasti. Jadi tidak mungkin maju ataupun mundur. Tapi yang perlu diingat adalah, pilih tanggal-tanggal yang relevan dengan komunitas kalian ya, sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam mempromosikan kegiatan kalian juga.

  1. Rencanakan promosi untuk program dari komunitas kalian

Kalau tahap ini, adalah proses dimana kalian memulai mengisi editorial plan dengan merencanakan strategi promosi dari kegiatan komunitas kalian sendiri. Seperti poster acara, konten-konten branding komunitas kalian, cerita relawan, ataupun informasi-informasi umum yang masih relevan.

  1. Kalau ada kolaborasi bersama komunitas lain jangan lupa dijadwalkan ya!

Nah ini optional, tapi juga gak kalah penting. Karena kolaborasi itu penting, jadi jangan sampai dilupakan yah kontennya untuk dimasukan ke dalam editorial plan.

Gimana mudah bukan membuat rencana konten untuk saluran komunikasi komunitas kalian? Jika kalian punya insight lainnya jangan lupa bagikan di kolom komentar ya!