Biar Instagram Komunitasmu Makin Keren, Kenali 5 Indikator Pengukuran Ini!

Biar Instagram Komunitasmu Makin Keren, Kenali 5 Indikator Pengukuran Ini!

Mengelola media sosial itu gampang-gampang susah loh, apalagi Instagram yang sangat digandrungi saat ini.  Tidak cuma buat konten, mengunggahnya, lalu jika ada yang komen langsung dibalas. Padahal ada yang namanya proses monitoring dan evaluasi dari yang sudah kita lakukan, dan seringkali dilupakan.

Singkatnya, monitoring adalah proses pemantauan untuk memperoleh informasi agar hasil tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai. Dan evaluasi merupakan proses penilaian akhir untuk melihat pencapaian program yang sudah dirancang.

Kalau dalam konteks media sosial, kedua tahapan tersebut biasa digunakan untuk mengukur keberhasilan dari sebuah program. Selain itu, bisa juga digunakan untuk melihat perkembangan sejauh mana pertumbuhan dari akun media sosial teman-teman komunitas.

Untuk mempermudah teman-teman komunitas, berikut ini ada beberapa indikator yang biasa digunakan sebagai acuan dalam mengukur media sosial dan bisa kamu temukan melalui fitur Insight:

  1. Jumlah followers

Kalau yang ini udah jangan ditanyakan lagi yah. Sesuatu yang wajib sekali diukur, karena menjadi indikator pertumbuhan media sosial kalian. Apalagi kalau targetnya bisa mencapai 10K agar bisa segera swipe up! Kalian juga bisa loh menghitung pertumbuhan follower dengan menggunakan rumus berikut ini:

  1. Jumlah post

Indikator ini penting loh untuk kalian ukur. Tanpa jumlah post, kalian tidak akan bisa mengukur yang namanya Post Reach. Ini merupakan pengukuran seberapa efektifnya postingan kalian dalam menarik perhatian para followers. Cek di bawah ini untuk rumusnya ya:

  1. Reach

Ini merupakan indikator dalam mengukur berapa banyak jumlah akun yang melihat postingan kalian atau disebut dengan unique user.

  1. Impressions

Nah impressions merupakan indikator untuk melihat berapa kali postingan kalian dilihat. Jadi jangan ketukar dengan reach yah.

  1. Engagement

Nah ini merupakan indikator pengukuran yang didasarkan dari aktivitas yang terjadi dari setiap postingan yang teman-teman komunitas unggah. Seperti Komentar, Saved, Share, Repost ataupun partisipasi dari setiap aktivitas di Story. Untuk engagement ini ada juga namanya Engagement Rate yang bisa kamu hitung menggunakan rumus:

Itu dia lima indikator yang biasanya dijadikan untuk proses monitoring dan evaluasi. Kalau kalian punya cerita ataupun pengalam lain tentang proses monev ini bisa juga share ke kita lewat kolom komentar ya!