Kenali Ragam Aktivitas Kerelawanan Sesuai Tujuanmu

Kenali Ragam Aktivitas Kerelawanan Sesuai Tujuanmu

Relawan adalah seseorang yang menyediakan waktunya untuk berkontribusi positif bagi lingkungan sekitar tanpa mengharapkan imbalan. Di negara lain seperti Amerika Serikat atau Australia, aktivitas kerelawanan gemar diikuti oleh masyarakatnya, mulai dari anak muda sampai para lansia. Jadi, tidak heran kalau komunitas sosial dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di sana menjadi populer dengan memanfaatkan jasa para relawan.

Begitu halnya di Indonesia, sudah banyak pula wadah-wadah organisasi sosial yang melibatkan peran relawan dalam menjalankan program organisasinya. Dengan adanya aktivitas kerelawanan, akan menjadi kebiasaan baik bagi masyarakat Indonesia untuk menjadikan relawan sebagai gaya hidup. Aktivitas kerelawanan sendiri memiliki banyak ragamnya sesuai kebutuhan suatu program. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan tujuan dalam menjadi relawan.

Nah, kalau kamu apakah sudah menjadi relawan atau masih mencari kegiatan relawan? Kamu perlu juga nih mengetahui ragam aktivitas kerelawanan agar bisa disesuaikan dengan tujuanmu. Yuk, simak!

Relawan Pendidikan

Bagi kamu yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia, kamu bisa mengikuti aktivitas kerelawanan pendidikan untuk berkontribusi pada perkembangan pendidikan Indonesia. Kegiatan programnya akan berupa kegiatan ajar mengajar atau penyuluhan mengenai topik tertentu terhadap masyarakat. Selain pengajaran, kamu juga diharapkan untuk membangun pendidikan karakter masyarakat Indonesia agar menjadi lebih baik lagi.

Relawan Kesehatan

Akivitas kerelawanan satu ini memang berhubungan dengan kesehatan, tapi bukan berarti kamu yang berasal dari background pendidikan berbeda tidak bisa jadi relawan kesehatan. Siapapun yang peduli akan isu kesehatan dan ingin berkontribusi dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia bisa menjadi relawan kesehatan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, relawan kesehatan sangat banyak dibutuhkan dalam menghadapi pasien Covid-19. Sebagai relawan kesehatan, kamu akan mengatasi permasalahan langsung di lapangan, memberi solusi, dan melayani masyarakat di sektor kesehatan.

Relawan Lingkungan

Bukan hanya kepedulian terhadap sesama, aktivitas kerelawanan pun mencakup kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Kesempatan menjadi relawan lingkungan semakin populer di Indonesia karena lingkungan merupakan unsur kehidupan yang utama. Biasanya, tugas seorang relawan lingkungan seperti memberikan kampanye atau pelatihan kepada masyarakat mengenai kesadaran lingkungan hijau. Hal tersebut sesuai dengan tujuanmu yang ingin membuat lingkungan Indonesia menjadi lebih bersih dan sehat sehingga dapat mengurangi resiko penyebaran penyakit.

Relawan Humanis

Bisa dibilang aktivitas kerelawanan yang satu ini terdengar familiar dan sering kamu ketemui, apalagi ketika ada masalah atau bencana alam yang melanda Indonesia. Ketika kamu menjadi bagian dari relawan humanis, kamu harus siap dengan aksi kemanusiaan yang mendalam seperti proses evakuasi korban bencana, penyelamatan pengungsi, sampai pembangunan kembali infrastruktur yang rusak. Jadi, kamu harus punya skill dan semangat yang ekstra untuk membantumu beraktivitas menjadi relawan humanis.

Relawan Edukasi Politik

Sesuai namanya, relawan edukasi politik bergerak di bidang politik. Tugas relawan edukasi politik tak lain dan tak bukan adalah untuk mengedukasi, meregulasi, sampai mengadvokasi suatu permasalahan politik dengan memberikan masukan perihal kebijakan tertentu. Tentunya relawan ini cocok bagi kamu yang teratarik di bidang politik sehingga dapat memajukan estafet kepemimpinan di kancah politik selanjutnya.

Referensi: