Tahapan Monitoring dan Evaluasi dalam Organisasi

Tahapan Monitoring dan Evaluasi dalam Organisasi

Kalau kamu sering ikut organisasi, pasti udah gak asing lagi sama yang namanya monitoring dan evaluasi. Monitoring adalah proses menganalisis sebuah program dibandingkan dengan konsep atau tujuan awal untuk nantinya dinilai seberapa baik program telah dijalankan. Sedangkan evaluasi adalah bentuk penilaian implementasi program apakah sudah relevan, efektif, efisien, berdampak dan berkelanjutan.

Tapi monitoring dan evaluasi tuh membosankan gaksi karena terlalu serius? Tentu saja jawabannya tidak! Melalui monitoring dan evaluasi kamu dan tim akan mendapat banyak insight baru dari program yang dijalankan, baik itu yang bentuknya keberhasilan ataupun pembelajaran sebagai bahan evaluasi dalam membuat program yang jauh lebih baik lagi.

Monitoring dan evaluasi tidak dijalankan begitu saja tanpa persiapan, kamu dan tim harus punya perencanaan awal seperti membuat rangkaian tahapnya. Nah, kali ini indorelawan akan kasih tahu kamu mengenai tahapan dalam monitoring dan evaluasi. Ada empat tahap utama dalam proses monitoring dan evalusi. Yuk disimak!

Pastikan Sasaran dan Tujuan yang Jelas

Tahap awal yang harus kamu dan tim lakukan ialah mengidentifikasi sasaran dan tujuan apakah sudah jelas dan konkrit sesuai program organisasi yang akan dilakukan. Pembahasan seputar permasalahan organisasi diobrolkan pada tahap ini sekaligus dicari langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tentukan Indikator Keberhasilan

Setelah mengetahui masalah organisasi, penting untuk suatu organisasi menetapkan indikator keberhasilan program yang akan dijalankan. Dari indikator tersebut kamu dapat menilai apakah programmu sudah sesuai dengan tujuan awal atau belum, perkembangan apa saja yang dicapai dan seberapa berdampaknya programmu untuk lingkungan sekitar.

Pilih Metode Pengukuran yang Tepat

Nah, sekarang saatnya organisasimu mendapat berbagai data untuk mengukur indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dalam mendapatkan datanya ada dua pilihan metode yang bisa dipilih yaitu secara kuantitatif atau kualitatif. Tentunya disesuaikan lagi dengan organisasimu, ya! Tapi yang pasti harus sesuai prinsip pengumpulan dan analisis data yaitu terfokus, tepat waktu, dapat digunakan, kredibel, dan etis.

Susun Laporan Monitoring dan Evaluasi

Tahap akhir dari proses monitoring dan evaluasi tak lain dan tak bukan adalah membuat laporan monitoring dan evaluasi. Laporan tersebut sangat penting untuk dibuat sebagai tanda terlaksananya programmu dan sebagai bahan evaluasi untuk program selanjutnya.

Baca lebih lanjut mengenai contoh laporan monitoring dan evaluasi di sini.

Oh ya, bagi kamu yang punya organisasi dan mau sharing tentang monitoring dan evaluasi yang kamu lakukan atau buat aktivitas untuk mencari relawan. Daftarkan segera organisasi kamu di website indorelawan. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Sumber: Modul Indorelawan x Indika Foundation, “Monitoring & Evaluasi Program”